Apa Bedanya Oli Synthetic Dengan Yang Biasa

OLI SINTETIK? ATAU OLI BIASA? 

Golden Bubbles

Sering penulis mendengar pertanyaan dari beberapa sumber yang bertanya jenis bahan dasar oli pelumas manakah yang paling baik bagi mesin yang mereka pergunakan saat ini.  Well, menurut hemat penulis, ada beberapa hal yang bisa dijadikan acuan jenis bahan dasar oli apakah yang paling tepat. Misalnya pada mesin industri, tidak semua spesifikasi mesin mengharuskan penggunaan oli pelumas syntheticl yang tergolong paling mahal pada saat ini, namun ada faktor-faktor lain seperti spesifikasi teknis dari mesin itu sendiri yang sangat penting dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan.

Kali ini, penulis akan memberikan sedikit informasi apakah bedanya oli synthetic dengan yang biasa. Ini didasarkan pada banyaknya pertanyaan yang penulis dapatnya yang akar masalahnya adalah sangat banyak dari pengguna/konsumen yang tidak mengetahui apa beda Oli synthetic dengan oli yang biasa, well mari kita bahas secara singkat dan informatif secara pengetahuan dasar dan tidak membahas secara teknis secara detil.

Well, yang penulis maksud dengan oli biasa pada tulisan ini adalah oli pelumas yang berbahan dasar mineral.

Apa itu oli synthetic?

Oli synthetic adalah pelumas oli terbuat bukan dari mineral minyak bumi namun merupakan pelumas yang terbuat dari senyawa kimia artificial atau buatan. Oli sintetis ini dibuat dari komponen yang berasal dari minyak bumi dan diproses dan dimodifikasi secara kimiawi, bukan langsung dari minyak mentah yang ditambang dari perut bumi.

Kelebihan oli sintetis yang didapat karena proses kimiawi nya adalah unggul secara struktur kimia dibandingkan dengan oli biasa yaitu oli yang berbahan dasar mineral. Dikarenakan proses produksi oli sintetis yang jauh lebih kompleks dan rumit, ini menyebabkan harga oli sintetis jauh lebih mahal dibandingkan dengan oli dengan berbahan dasar mineral tersebut.

Beberapa pabrikan oli semenjak beberapa dekade terakhir telah mencoba suatu inovasi dengan membuat oli semi sintetis yang memiliki kemampuan dan keunggulan oli sintetis namun mampu didapatkan dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan oli sintetis murni.

Kelebihan oli synthetic

Dengan proses kimiawi produksi yang jauh lebih kompleks dan rumit dan harga yang lebih mahal, tentu oli sintetis memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan oli berbahan dasar mineral. Keunggulan-keunggulan tersebut diantaranya adalah :

  • Viskositas (kekentalan) yang jauh lebih stabil pada suhu yang cukup ekstrem baik suhu rendah maupun pada suhu yang tinggi.
  • Memiliki unsur kimia yang lebih stabil dibandingkan dengan oli biasa.
  • Tidak mudah menguap/lebih tahan terhadap penguapan, oksidasi dan minyak lumpur.
  • Rentan waktu penggantian oli lebih panjang dibandikan dengan oli mineral biasa, sehingga dianggap lebih ramah lingkungan karena mengurangi jumlah limbah yang ditimbulkan.
  • Mampu meningkatkan perhitungan ekonomis pada penggunaan bahan bakar dalam konfigurasi mesin otomotif tertentu.
  • Dengan tidak mudahnya tertumpuk minyak lumpur (sludging) maka bisa meminimalisis terjadinya penyumbatan pada mesin yang menggunakan oli sintetis.

Dengan mengerti beberapa kelebihan oli sintetis dibandingkan dengan oli biasa, maka pengguna/konsumen dapat menentukan jenis oli berbahan dasar manakah yang paling cocok bagi mesin yang dipergunakan. Faktor ekonomis berbanding dengan kualitas juga perlu menjadi bahan pertimbangan tersendiri dalam mengambil keputusan dengan bijak. Saran penulis, berinvestasi lebih di awal namun memperoleh banyak penghematan di kemudian hari adalah keputusan yang perlu dipertimbangkan. Namun keputusan tetap kembali kepada pertimbangan pribadi masing-masing pengguna/konsumen.

 

Butuh Oli Pelumas Atau Gemuk Dengan Kualitas Terbaik?

Hubungi Kami Sekarang Juga!

HP – 0819 0563 3030
HP – 0851 0937 0300
Email – support@agenoli.com
Jakarta, Indonesia