3 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Oli Pelumas

Beberapa Hal Penting Yang Perlu Diketahui Tentang Oli Pelumas

oli-motor

Oli pelumas adalah merupakan bagian tidak terpisahkan dari keberadaan mesin. Fungsi utamanya sebagai pelumasan, pendinginan dan juga menyerata panas putaran mesin menjadikan oli pelumas memiliki peran yang sangat penting demi keterjaminan kelancaran penggunaan mesin. Kehadiran oli pelumas akan menjamin usia mesin menjadi panjang serta meminimalisir masalah penggunaan dengan pelumasan yang baik dan teratur.

Ada beberapa hal yang sangat penting yang perlu pengguna perhatikan sebelum menentukan jenis oli pelumas manakah yang akan dibeli/dipergunakan untuk mesin yang dimiliki. Pentingnya mengenal jenis oli akan menentukan seberapa baik dan awet mesin yang dipergunakan.

Sebagaimana telah dijelaskan diatas, fungsi utama dari oli pelumas adalah mengurangi gesekan antar bagian dalam mesin, mencegah keausan dan panas, dengan cara membentuk semacam lapisan tipis (oil film) yang akan mencegah kontak langsung permukaan logam dengan logam di dalam mesin itu sendiri.

 

Hal-hal yang perlu diketahui sebelum membeli oli pelumas

Para praktisi dibidang teknik mesin sepakat bahwa sekurang-kurangnya ada 3 hal yang harus anda ketahui sebelum membeli oli pelumas. Tujuan dari pengenalan ini adalah untuk memastikan bahwa oli pelumas yang dibeli benar-benar sesuai dengan kebutuhan aplikasi pada mesin sehingga dapat meningkatkan masa hidup (life time) dari mesin tersebut dengan penggunaan secara wajar.

Hal pertama adalah, kenali mesin anda dengan benar. Dengan perkembangan teknologi permesinan yang ada belakangan ini, fabrikasi mesin sudah memberikan kondisi bahwa seluruh komponen mesin memiliki celah dinding atau lubang yang sangat kecil, sehingga akan sulit dimasuki oleh oli pelumas dengan tingkat kekentalan yang tinggi. Dengan menggunakan oli yang memiliki tingkat kekentalan (viscositas) rendah, proses pelumasan serta pemindahan panas ruang bakar (pada kendaraan) maupun bagian panas mesin lainnya (pada industri) yang bisa mencapai ribuan derajad celcius dapat berjalan dengan sangat baik, sehingga memperpanjang usia penggunaan mesin tersebut itu sendiri.

Hal kedua adalah, apa bahan terbaik untuk oli pelumas yang paling cocok untuk mesin anda. Jenis bahan dasar oli pelumas ada 3 macam, yang paling mahal adalah terbuat dari minyak bumi (mineral), kemudian nabati (dari tumbuh-tumbuhan) dan terakhir adalah terbuat dari bahan sintetis. Beberapa mesin dapat menggunakan lebih dari satu bahan dasar oli pelumas. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan oleh pengguna/user sebelum menentukan jenis mana yang terbaik, termasuk dari sisi pembiayaan/harga. Banyak produsen mengutamakan oli pelumas berbahan dasar mineral sebagai yang paling baik, namun tentu saja harganya paling tinggi diantara jenis lain. Pertimbangan yang seksama sangat dibutuhkan.

Hal ketiga adalah, faktor ketersediaan oli pelumas. Dengan membeli oli pelumas yang ketersediaannya paling terjamin akan memberikan kondisi operasional yang paling baik, sehingga setiap saat oli pelumas perlu untuk diganti, stok barang sudah tersedia dengan baik.

 

Kenali penyedia oli pelumas anda

Distributor oli yang handal akan dapat memberikan kepastian ketersediaan layanan barang dan jasa pengadaan oli pelumas sepanjang waktu. Dengan jaringan distribusi yang baik, konsumen akan mendapatkan garansi kepastian ketersediaan barang sesuai dengan spesifikasi teknis dari mesin yang dipergunakan. Hal ini sangat penting karena jika secara tiba-tiba harus mengganti dengan merk atau spesifikasi yang sedikit berbeda disebabkan karena tidak tersedianya stok barang, ini akan memberikan dampak operasional yang cukup signifikan bagi kelangsungan operasional penggunaan mesin itu sendiri.

 

Butuh Oli Pelumas Atau Gemuk Dengan Kualitas Terbaik?

Hubungi Kami Sekarang Juga!

HP – 0819 0563 3030
HP – 0851 0937 0300
Email – support@agenoli.com
Jakarta, Indonesia